Create Your Own Ways of Thinking

oleh Lenny Sutandar, Registration

Kita selalu ingin untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi, baik itu dari segi kualitas kehidupan, hubungan maupun pekerjaan. Pertanyaannya apakah kita siap untuk naik kelas, yang berarti menerima tantangan baru yang mungkin hal-hal yang ‘belum’ kita kuasai. Bila Anda mau menerima tantangan tersebut, beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

Embrace the challenges

Bagi Anda yang memulai segala sesuatu dari bawah, Anda akan bisa merasakan perbedaan antara menjadi seorang officer, dengan tanggung jawab yang terbatas pada hal-hal teknis, hingga ketika Anda mendapatkan posisi di manajerial. Perbedaan tugas akan cukup besar dan beberapa orang mungkin tidak akan nyaman dengan perubahan yang ada. Apalagi, di tingkat manajerial umumnya harus memiliki pengetahuan yang lebih luas; tidak hanya pekerjaan teknis, tetapi juga bagaimana mengelola sumber daya, membina hubungan dengan klien, dan mungkin juga dalam hal marketing. Pada saat Anda merasa tertekan, perlu kita ingat bahwa biji kopi pun membutuhkan tekanan untuk menghasilkan wangi dan mengeluarkan rasa. Jadi, embrace the challenges dan fokus dengan hasil yang akan didapatkan.

Be a role model: keep the right attitude and invite others to grow

Satu hal yang saya pelajari dari DATE Leader saya adalah untuk menjadi generous sebagai salah satu kunci kesuksesan. Salah satu tindakan generous yang saya lakukan adalah dengan membagikan ilmu yang saya dapatkan dengan tim saya. Ketika tim saya bertumbuh, saya juga ikut bertumbuh karena saya harus terus melakukan self-upgrade untuk memastikan pertumbuhan tim terus terjadi.

Refleksikan ketika Anda berada di posisi bawah, hal apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan diri Anda pada saat itu. Mungkin Anda waktu itu tidak menerima guidance yang cukup dari atasan Anda, tetapi ini adalah kesempatan buat Anda untuk menjadi a better leader. Anda tidak dapat berjalan sendiri tanpa tim yang solid.

An unending process: keep learning and innovate

Pada level manajerial, pengembangan soft skill sangatlah penting dan pelatihan yang tersedia di kantor mungkin terbatas sehingga mengharuskan kita untuk mempelajarinya sendiri. Salah satu cara untuk self-upgrade adalah dengan selalu mempelajari hal-hal baru. Pembelajaran tidak terbatas pada lingkungan pekerjaan saja tapi banyak hal yang bisa dipelajari dari lingkungan luar kerja, seperti pelayanan Registration misalnya.

  • Mengasah inter-personal skill Anda dengan cara bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki karakter yang berbeda.
  • Mengasah kemampuan Anda memimpin di mana pelayanan ini juga memiliki sistem rotasi team leader di setiap service dan setiap orang mendapatkan kesempatan dan pengalaman untuk menjadi team leader.
  • Setiap volunteer diberikan kesempatan untuk memberikan ide/solusi untuk setiap masalah yang timbul saat sedang melayani, misalnya antrian yang panjang. Selalu mencari cara untuk improvement, akan membentuk dan memicu cara Anda berpikir dalam menyelesaikan masalah.
  • Anda juga bisa mengembangkan network Anda dengan memiliki teman-teman yang baru di luar kantor Anda.

The higher you get, the more you need to learn

Bila kita setia pada hal-hal kecil di marketplace, Tuhan akan membawa kita semakin tinggi. Posisi yang tinggi bukan berarti hal yang mudah untuk kita. Sebagai pemimpin, ada saatnya kita harus berdiri di belakang tim kita untuk mendorong mereka maju, berjalan bersama mereka untuk bertumbuh bersama dan berjalan di depan mereka untuk terus membawa mereka maju. Marketplace mungkin tidak menyediakan seluruh pembelajaran yang kita perlukan. Terkadang, memberikan waktu kita untuk melayani orang lain membukakan kita sebuah dunia yang baru dengan pelajaran-pelajaran baru yang kita perlukan. Itu sebabnya, terjun ke dalam dunia pelayanan terkadang tidak semata-mata melayani Tuhan, namun juga untuk memberikan kepada kita pelajaran dan kemampuan baru dalam melihat sesuatu.

Semoga dengan pengalaman yang dibagikan kali ini, dapat membantu Anda untuk menjadi berkat di marketplace di manapun Anda ditempatkan. (HI)

 

 

 

SHARE
Previous articleTrust & Do
Next articleMusic of The Month

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here