JPCC Men’s Ministry

oleh Ps. Johannes Thelee, Men's Ministry Head

MEMBANGUN PRIA YANG BERIMAN, BERTANGGUNGJAWAB DAN BERDAMPAK

Jika kita terus mengerjakan hal yang sama, laki-laki adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki karakteristik yang unik, dan sangat jelas perbedaannya jika diban­dingkan dengan perempuan. Namun justru keunikan tersebut akhirnya memunculkan paradigma, tantangan dan masalah-masalah tersendiri di dalam kehidupan pria.

Ketidakmampuan dan ketidakmengertian seorang pria dalam menjalankan fungsinya, apakah dia sebagai seorang anak, ayah, pekerja, pengusaha, atau peran lainnya, dapat menyebabkan sebuah masalah yang mengikat kehidupannya. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menghambat potensi yang ada di dalam dirinya untuk bertux mbuh dan berkembang.

Men’s Ministry merupakan pelayanan yang berupaya untuk membantu para pria dalam memahami kelemahan­ dan kekuatan mereka, serta menyikapi kehidupan sebagai­ layaknya seorang pria sejati. Seorang pria terkadang merasa berjuang sendirian atau takut dianggap lemah saat berhadapan dengan masalah dalam hidupnya. Walaupun secara psikologis pria memang diciptakan seperti itu, namun kebanyakan pria tidak mengetahui bahwa hampir semua pria mengalami hal yang sama. Hal lain yang tidak mereka ketahui adalah ada cara yang tepat dan alkitabiah yang dapat membantu mereka untuk menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Jika mereka tidak memahami hal ini, bukan tidak mungkin mereka akan mengambil keputusan atau tindakan yang salah, yang tentu saja akan merugikan mereka dan orang lain di sekitar mereka.

DAMPAK DARI KEBERADAAN SEORANG PRIA SEJATI

Seorang ayah, yang adalah seorang pria sejati, akan mampu membentuk anaknya menjadi pria yang utuh, supaya ketika ia besar, ia akan menjadi seseorang yang mampu menggunakan potensinya secara maksimal. Seorang ayah yang memiliki anak perempuan dapat mengajari anak perempuannya, mengenai bagaimana melihat dan meres­pon laki-laki yang ada di sekitarnya dengan bijaksana.

Pemahaman yang benar mengenai pria sejati akan membantu kita saat menghadapi tantangan dan masalah di market place. Mi­salnya, saat kita berhadapan dengan rekan sekerja laki-laki yang sedang mengalami masalah. Pemahaman yang benar akan membatu kita untuk berkomunikasi dan merespon dengan benar, sehingga banyak masalah akan dapat diselesaikan dengan baik secara bersama-sama. Cara berkomunikasi dan merespon yang salah akibat ketidakmengertian terhadap jati diri kita sebagai pria sejati, dapat memperparah masalah yang ada.

Pemahaman yang benar mengenai pria sejati, juga akan mengurangi masalah maupun konflik yang ada di dalam kehidupan rumah tangga. Seorang suami yang memiliki cara pandang yang benar tentang dirinya akan memiliki cara pandang yang benar pula di dalam menghadapi masalah-masalah dalam rumah tangganya. Hal ini akan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh anggota keluarga lainnya.

KOMUNITAS JPCC MEN

Lingkungan dan pergaulan tentu akan mempengaruhi kehidupan kita. Firman Tuhan berkata bahwa, “Pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik” (1 Korintus 15:33). Apabila kita memiliki komunitas yang di dalamnya adalah pria-pria sejati yang mengerti keutuhan jati dirinya, tentu akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bagi pekerjaan, keluarga, dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Memang cukup sulit untuk meluangkan waktu untuk berkomunitas di Jakarta. Lalu lintas yang macet, kesibukan pekerjaan, waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dan kesibukan lainnya, menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun komunitas pria ini. Sebuah komunitas yang bertujuan untuk membangun pria yang kuat dalam iman, bertanggung jawab, dan berdampak.

Menjadi seorang pria sejati memang adalah sebuah pilihan. Kita membutuhkan bantuan orang lain untuk bersama-sama saling membangun keutuhan dan integritas kita sebagai pria sejati.

Di dalam komunitas JPCC Men, kita mendapat kesempatan untuk saling berbagi cerita kehidupan dan tantangan yang kita hadapi sebagai pria, yang mungkin hanya dapat dimengerti oleh sesama pria. Kadang kita bisa merasa bahwa masalah yang kita hadapi terlalu berat. Namun, saat kita tergabung dalam komunitas yang sehat, maka kita bisa belajar bersama-sama dari firman Tuhan dan melalui kisah kehidupan satu sama lain, untuk dapat bangkit menghadapi dan menang di dalam setiap tantangan yang kita hadapi sebagai pria dalam setiap area tanggungjawab kita dalam kehidupan ini. Bahkan bukan hanya itu, bersama-sama kita dapat membawa dampak yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan sekitar, kota dan negara Indonesia yang kita cintai ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here