God Can Turn Your Failures Into Blessings

oleh Vina Bawimbang, Prayer Ministry

Kegagalan seringkali menim­pa­ kita, bahkan setelah kita me­mikirkan segala sesuatunya ma­tang-matang. Akibatnya, kita jadi berpikir bahwa kegagalan menjadi akhir dari segalanya. Pada masa itu juga, bukan suatu hal yang tidak mungkin, orang yang kita percaya, terdekat dengan kita, bukannya membantu meringankan beban kita, ma­lah memberikan komentar-komentar ne­gatif yang malah memperburuk keadaan. Pastinya, kita semua mengalami hal itu sekali dua kali dalam kehidupan kita. Tapi, ketahuilah, this too, shall pass.

Find your solitude
Menjauhkan suara-suara negatif dari sekeliling kita, merupakan langkah yang bijaksana dalam masa-masa seperti ini. Terkadang yang kita perlukan adalah waktu untuk merenung, mencoba untuk menerima kenyataan, bahkan mungkin, untuk memaafkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menemukan waktu seperti ini. Bisa dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati kita, bepergian dan melihat sesuatu yang baru, atau melakukan hal-hal yang dapat menyibukkan diri kita. Seringkali Tuhan membantu kita dengan cara memberikan begitu banyak hal, untuk mengalihkan pikiran kita dari kegagalan kita.

Kegagalan terkadang membuat kita untuk cenderung melewatkan waktu untuk berdoa. Hal tersebut sangat manusiawi, namun, ketahuilah, sebagai manusia kita hanya bisa berdoa atau mengasihani diri sendiri. Pilihan kedua, pastinya tidak menambah nilai dari hidup kita. Sehingga, pilihan kita hanya satu, yaitu berdoa. Hal lainnya yang harus kita ingat adalah our today’s difficulties can be someone’s blessings tomorrow, karena kita pernah mengalaminya, sehingga orang lain dapat belajar daripadanya.

Our today’s difficulties can be someone’s blessings tomorrow.

Jangan segan untuk meminta kepada Tuhan
Berdoa adalah satu-satunya hal yang dapat kita lakukan pada saat dunia kita berantakan. Akan lebih baik jika saat berdoa, kita juga bisa mendoakan apa yang menjadi janji Tuhan, sebagaimana yang ada di Firman-Nya. Itu sebabnya, penting bagi kita untuk juga membaca Firman Tuhan, karena dengan demikian, kita bisa mendoakan dan memperkatakan janji-janji Tuhan, sebagaimana yang tertulis di dalam Firman-Nya.

Sebagai orang Kristen, sudah sepantasnya kita meminta kepada Tuhan. Terkadang kita terjebak dengan pemikiran bahwa Tuhan telah mengatur segala sesuatunya, sehingga kita tidak perlu lagi meminta kepada Tuhan. Padahal Tuhan sendiri yang mengatakan pada kita, untuk kita meminta, karena kepadanya akan diberikan. Itu sebabnya, seberapa pun besarnya kegagalan kita, upayakan untuk memiliki iman dan pengharapan bahwa Tuhan akan bekerja. Percaya bahwa konsekuensi akan tetap ada, namun, seberat apa pun konsekuensi yang harus kita tanggung, itu tidak akan pernah mengurangi kadar kasih karunia dan kesetiaan Tuhan dalam hidup kita.

You will never be alone
Di saat kita memiliki pergumulan, tidak jarang kita seringkali berbagi kepada orang lain atau berbagi dengan komunitas kita di DATE. Tidak jarang juga kita minta didoakan untuk pergumulan tersebut, karena kita tahu dan sadar bahwa kita tidak bisa menghadapi pergumulan tersebut sendirian.

Prayer Ministry ada untuk mendoakan setiap Prayer Request yang sudah ditulis melalui Prayer Card ataupun dikirim melalui email. Mendoakan pokok-pokok doa yang dituliskan oleh orang lain, membuat kita dapat merasakan beban setiap orang yang minta didoakan; dan mendoakan pokok-pokok doa ini, sudah merupakan kesepakatan yang dibuat oleh team Prayer Ministry. Itu sebabnya, kita bisa yakin dan percaya, bahwa kita tidak akan pernah sendirian.

Matius 18:19
Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.

Pada saat kita mendoakan orang lain yang berada di dalam pergumulan, kita dapat berjuang bersama mereka, dalam menjalani proses kehidupan mereka, memastikan agar mereka tidak pernah berjalan sendirian.

Menjadi bagian dari Prayer Ministry, artinya kita membawa rahasia ataupun pergumulan orang lain kepada Tuhan dan menjadi penyalur kasih dan kuasa Tuhan. Satu hal yang penting untuk diketahui, bahwa hanya Tuhan yang menjawab doa-doa kita, karena Dia berkuasa dan tidak ada hal yang tidak mungkin bagi Dia. Hal lain yang tak kalah penting adalah,  Tuhan akan menjawab doa-doa kita, seturut dengan kehendak Tuhan dan segala kemuliaan harus kita kembalikan kepada Tuhan.

Menjadi pendoa bukanlah hal yang aneh, terutama jika kita pernah ada dalam musim di mana kita menjadi orang yang setiap minggu selalu menuliskan Prayer Request, mengharapkan jawaban atas pergumulan yang kita alami. Justru, pada saat kita mendoakan orang lain yang berada di dalam pergumulan, kita dapat berjuang bersama mereka, dalam menjalani proses kehidupan mereka, memastikan agar mereka tidak pernah berjalan sendirian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here