Menerapkan Nilai-nilai Firman Tuhan dalam Kehidupan

oleh Mario Signora, DATE Tanjung Duren 12

Tahun 2013, saya datang ke Jakarta untuk bekerja. Saat itu saya diajak keluarga untuk beribadah di JPCC. Saya sangat menikmati Firman Tuhan yang disampaikan oleh para Pastors dan Leaders di JPCC. Apa yang mereka sampaikan sangat mudah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat itu Tuhan MENUNJUKKAN, bahwa kehidupan kekristenan yang dipimpin oleh Roh Kudus juga bisa menjadi relevan dengan dunia kita.

Setelah beberapa kali beribadah di JPCC, saya memutuskan untuk tertanam dan rindu untuk dibaptis. Namun saat itu saya tidak tahu bagaimana caranya saya bisa terlibat lebih jauh dan ketika saya mengerti tentang adanya DATE, saya memiliki kesibukan yang tidak bisa di tinggalkan, yang akhirnya membuat saya lupa akan keinganan saya untuk dibaptis.

Puji Tuhan pada Tahun 2016, saya bertemu dan berkenalan dengan seorang teman baru yang sekarang sudah saya anggap seperti saudara sendiri. Saat itu teman saya juga rindu untuk kembali ke jalan Tuhan. Karena kesibukannya dalam pekerjaan membuat dia jarang ke gereja. Akhirnya kami memutuskan untuk beribadah bersama setiap minggu hingga akhirnya dia mengajak saya untuk tertanam di dalam DATE.

Pertengahan tahun 2016 saya tertanam di dalam DATE Tanjung Duren 12. Saya bersyukur bisa menemukan komunitas dan teman-teman yang sungguh-sungguh mencintai Tuhan dan membawa kita semakin dekat dengan Tuhan.

DATE adalah rumah kedua saya. DATE menerima saya apa adanya, bukan karena ada apanya saya. Banyak perubahan yang saya alami dan rasakan selama tertanam di dalam DATE.

Nilai-nilai yang berdasarkan Firman Tuhan selalu mengingatkan dan mengajarkan saya bahwa jika saya senantiasa dekat dengan Tuhan, saya juga akan semakin dekat dengan sesama.

Setelah tertanam di dalam DATE Tuhan mengubah paradigma saya dalam hal mengasihi- dan melayani, baik di dalam keluarga maupun orang-orang di sekitar saya. Saya di-sadarkan sebagai orang Kristen kita tidak hanya fokus untuk membangun diri kita sendiri tetapi kita juga diajak untuk membangun orang lain.

Akhirnya saya mulai belajar lebih dalam tentang Firman Tuhan dengan membaca Alkitab, mendengar sharing teman-teman DATE dan juga belajar sharing di dalam DATE. Saya sadar apa yang saya baca, dengar, dan bagikan tidak akan berhenti sampai di situ saja, tapi itu akan menjadi berkat buat banyak orang.  Akhirnya Tuhan menuntut saya untuk mempraktikkan apa yang saya ketahui dan mengerti. Saya coba untuk patuh dan belajar melayani mulai dari keluarga sampai melayani teman-teman saya.

Memang tidak mudah. Rasa capek itu sering saya rasakan, tapi saat saya belajar setia, berkat Tuhan, dan damai sejahtera dari Tuhan selalu menyegarkan jiwa saya. Dan saat saya bertahan, pada akhirnya mereka akan sadar bahwa Tuhan kita Yesus Kristus adalah sumber pengharapan, dan akhirnya hanya nama Tuhan yang ditinggikan dan dimuliakan.

Melalui DATE Leader saya, untuk pertama kalinya saya mengikuti kelas COB batch pertama tahun 2017. Saya akhirnya tahu apa fungsi dan makna baptisan air yang sesungguhnya. Puji Tuhan, akhirnya untuk pertama kalinya saya dibaptis dan saya menyerahkan seluruh kendali hidup saya ke dalam tangan Tuhan. Saya percaya kalau rancangan Tuhan itu jauh lebih indah dari pada rancangan yang saya buat.  Keinginan- saya untuk dibaptis dan untuk terlibat lebih jauh di dalam JPCC akhirnya dijawab oleh Tuhan.

Sekarang saya sudah belajar untuk melayani dan mencontohkan segala sesuatu berdasarkan dengan nilai-nilai yang didasari oleh Firman Tuhan. Saya tidak tahu apa yang Tuhan akan izinkan terjadi dalam kehidupan saya ke depannya, tapi saya akan tetap percaya dan hanya bersandar kepada rencana-Nya. Kita hanya perlu setia dan tetap menjalin hubungan dengan Tuhan setiap hari dengan cara baca Firman, mende-ngarkan khotbah, atau membaca buku-buku rohani.

SHARE
Previous articleDATE Kelapa Gading 15
Next articleLife-Giving Worship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here